‘STRATEGI JITU PEMASARAN BUKU di MASA PANDEMI ALA PENERBIT ANDY’
‘STRATEGI JITU PEMASARAN BUKU di MASA PANDEMI ALA PENERBIT
ANDY’
RESUME PERTEMUAAN 19
PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI
GELOMBANG 23-24
NARA SUMBER : AGUS SUBARDANA, S.E,. M.M.
MODERATOR : RALIYANTI
PELAKSANAAN : SENIN, 28 FEBRUARI 2022
WAKTU :
19.00-21.00 WIB.
MEDIA :
WAG
“KUNCI SUKSES DUNIA
AKHIRAT”
Orang bilang sukses hidup adalah jika mendapatkan pekerjaan dan gaji yang mapan.
Temanku bilang sukses itu jika melimpah harta benda.
Teman dari
temanku juga bilang sukses itu jika dapat membahagiakan keluarga tercinta.
Namun hati
kecilku bilang……sukses bukan itu semua.
Sukses itu
ketika seorang hamba dengan ikhlas mengikrarkan diri mengingat Robnya.
Sukses itu
ketika seorang hamba secara sukarela menundukkan mahkotanya dan memuji
kebesaraNya.
Sukses itu
ketika seorang hamba bersujud serendah –rendahnya mengagungkanNya.
Dengan takbir,
rukuk, sujud……lebur semua kesombongan diri.
Dengan sholat
istiqomah ……lebur semua munafiq diri.
Jiwa
butuh Tuhan….bukan Tuhan butuh manusia.
Dekat dengan Tuhan menentramkan jiwa.
Hal yang tak
mungkin menjadi mungkin karena Allah maha kuasa.
Hal yang sulit menjadi mudah atas segala kuasaNya.
Hidup
mengingat Allah….Allah menuntun hidup kita.
Hidup
mengingat Allah….Allah memberikan yang terbaik.
Hidup menghamba pada Allah....limpahan rahmat diturunkan.
Sholat….kunci sukses dunia dan akhirat.
Malam ini adalah peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Adalah undangan khusus Allah
kepada nabi Muhammad dalam perjalanan menggunakan buroq di tengah malam ditemani
malaikat Jibril. Perintah sholat kepada manusia adalah begitu penting bagi
keselamatan hidup seorang hamba hingga Allah secara khusus mengundang nabi
Muhammad berkunjung ke Arsy.
Perinah sholat yang awalnya 50 rakaat setiap hari di nego
menjadi 5 rakaat. Dialah Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang yang
memerintahkan manusia untuk melaksanakan sholat 5 waktu, karena melalui sholat
manusia dapat berkomunikasi langsung dengan penciptanya. Manusia butuh sholat
untuk ketentraman jiwanya. Manusia butuh Allah sebagai penuntun jalan
hidupnya.
Pernah kita mendengar orang yang kerjanya biasa-biasa saja
tapi hidupnya berkah serba berkecukupan. Pernah juga kita meliha orang
membanting tulang dengan begitu keras hingga lupa waktu tapi hidupnya tak
bahagia dan serba kekurangan. Ada pula orang yang hidupnya sederhana saja tapi
hidupnya begitu bahagia sikap anak dan keluarganya membahagiakan hatinya.
Hdupnya berkah dengan limpahan rahmatNya. Lantas ada apakah dengan hidup ini?
Perlu koreksi diri masing-masing.
Menulis adalah profesi mulia jika bermanfaat bagi manusia
lainnya. Yang tentunya menjadi lading pahala jika didasari niat yang lurus. Menulis
berkualitas adalah dambaan bagi para penulis. Namun bagaimana jika hasil karya
buku kita tidak laku di pasaran? Apalagi di masa pandemi ini.
Malam ini begitu special
bagiku karena nara sumber adalah dari penerbit Andi. Didampingi moderator yang tak
asing lagi bagi kita yaitu Ibu Raliyanti yang baik hati. Banyak yang ingin aku tahu dari penerbit Andi.
Beliaulah bapak AGUS SUBARDANA, S.E,.
M.M. direktur marketing penerbit ANDY offset. Sejak awal tahun 1999 s.d
sekarang, beliau menggeluti bidang pemasaran karena background S2 nya di Jurusan Manajemen Pemasaran. Beliau
sering menjadi moderator berbagai event webinar. Malam ini beliau akan berbagi
kepada kita semua mengenai strategi pemasaran buku di masa pandeemi.
Kita pasti setuju dengan paparan bapak Agust yang satu ini.
Beliau mengatakan buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana
utama bagi proses pembelajaran serta sarana
penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan
pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan
minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan
membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya
membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan
meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi
pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Di tengah melesunya bisnis di berbagai ndustry akibat ndustry
Covid-19, ndustry penerbitan buku sekala Global – Dunia justru bertumbuh.
Merujuk laporan Nielsen BookScan ICM, penjualan buku di secara global / Dunia
hingga akhir 2021 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.
Masih merujuk data tersebut, genre buku yang mengalami
kenaikan adalah genre “Food & Drink” yang pertumbuhannya mencapai 33% atau
menjadi 2,8 juta Euro. Selanjutnya, pada genre Fiksi tumbuh 9% (menjadi 7,1
juta Euro), genre Leisure & Lifestyle tumbuh 37% (menjadi 1,4 juta Euro),
genre Personal Development tumbuh 11% (menjadi 2,2 juta Euro), dan genre Children
& Young Adult Non-Fiction tumbuh 15% (menjadi 1,5 juta Euro).
Berbeda dengan
situasi kenaikan signifikan penjualan buku internasional. Penjualan buku
nasional malah mengalami kelesuhan drastic yaitu mencapai 50% hingga 80 % akibat pandemic
Covid-19. Dari analisa pasar dan diungkapkan ketua umum Ikatan Penerbit
Indonesia (Ikapi), seperti yang dikutip dari situs resmi www.ikapi.org,
industri penerbitan nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi.
Lantaran, tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh
dinas/perpustakaan.
Berdasarkan hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit
mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga
menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi work
from home (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa
mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang
menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun.
Namun Penerbit ANDI Offset
Yogyakarta masih bisa bertahan dan
bertumbuh. Ada beberapa genre buku yang kontribusinya justru bertumbuh di masa pandemic
antara lain, genre buku sekolah , buku anak, masak, self improvement, hukum, bisnis,
parenting & family, dan computing & technology,
Fenomena menarik di industri penerbitan buku pada masa
pendemi adalah bertumbuhnya penjualan di kanal online dan Directselling . Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah penerbit
Andy akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang
diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan
berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang
meliputi :
1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok,
pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini penerbit ANDY dalam menjalankan bisnis penerbitan buku
masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor
Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk
Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 42 tahun dan telah
menerbitkan buku lebih dari 15.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi
32 katagori (dapat di kunjungi ke website kami : www.andipublisher.com ).
STRATEGI PEMASARAN BUKU PENERBIT ANDY BAIK FAKTOR MAKRO
MAUPUN MIKRO
. A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On
Line )
1. Pentingnya Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19 telah
mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi
antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek
kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di
sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini
tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar
, kehidupan keluarga hingga aktivitas
sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam
melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Adapun Manfaat Digital Marketing
antara lain :
Ø Biaya lebih relatif terjangkau atau
murah
Ø Daya Jangkauan sangat luas
Ø Mudah menentukan target pasar buku
yang akan kita tawarkan sesuai katagori
Ø Komunikasi dengan Konsumen Lebih
Mudah
Ø Lebih cepat popular
Ø Sangat Membantu Meningkatkan
Penjualan
Ø Mudah di evaluasi dan di kembangkan
Strategi On Line ini kurang lebih ada
lima stretegi yang kami lalukan yaitu:
1. Pertama, melakukan pengelolaan secara
intens terhadap buku-buku best seller-nya, yang saat ini jumlahnya mencapai 100
best seller.
2. Kedua, Kami Penerbit ANDI juga massif menggelar program Pre Order
melalui toko buku online, e-Commerce, maupun reseller individu. “Tak hanya itu,
kami juga menjual merchandise, e-book, hingga buat content.
3. Ketiga, Penerbit ANDI juga melakukan optimalisasi di semua lini
produk, baik optimalisasi promosi, branding, hingga reseller. “Objektifnya,
buku sudah bukan lagi untuk dibaca, melainkan sebagai bagian dari gaya hidup
masyarakat".
4. Keempat, Penerbit ANDI juga melakukan
optimalisasi stock produk melalui program bundling dan online.
5. Kelima, Penerbit ANDI Offset juga
mengelola Dead Stock, yakni mengelola buku-buku yang tidak terjual melalui
program diskon dan melakukan books fair / pameran buku secara On Line.
2. Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing
– masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi ,
maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku
. Penjualan lewat komunitas akan lebih
efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan
buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi
dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Penerbit ANDI juga terus mengadakan
aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live ..Youtube TV. ANDI, dengan tema –
tema yang menarik.
B.
Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah
nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , penerbit ANDY harus melakukan
pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya
sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d
Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan
berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Strategi Pemasaran di Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai
mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di
Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
DATA TABEL TOKO BUKU MODERN YANG
MASIH AKTIF
Menempatkan marketing –
marketing pada toko buku yang di tunjuk dengan tugas sebagai berikut:
1. Merapikan display yang tergolong
menjadi flor display, walls display, display di rak, best seller display. Berdasarkan kategori masing-masing sesuai buku yang akan di display.
2. Chek stok
3. Menjalin hubungan baik dengan toko.
4. Skil Selling artinya kemampuan yang
dimiliki oleh seseorang untuk menjual produk, baik itu berupa barang ataupun
jasa. Selling skills ini sangat menentukan apa yang akan dapat kita raih ke
depannya; sukses dan tidaknya Kita dalam berbisnis secara tidak langsung juga
dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan kita dalam menjual produk yang kita miliki
dengan cara melakukan aktif selling yaitu pelayanan aktif dan ramah kepada
konsumen sehingga konsumen mudah memilih buku yang dibutuhan setelah
mendapatkan layanan aktif selling.
5. Menganalisa toko
Menganalisa buku best seller berdasarkan
jenis usia konsumen dan lingkungan konsumen.
6. Melakukan RO ( Repet order)
Yaitu mengajukan repet order untuk buku yang menpis supaya
syok tetap berada di dalam toko.
Strategi Cara Mempromosikan di
toko buku Modern
Ø Menguasai display buku , supaya
tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
Ø Mengadakan promosi di internal toko
dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
Ø Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan
potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
Ø Mengadakan event tematik sesuai
moment bulan berjalan (program Ramadhan,
Program TAB, Program TAM , dll )
Ø Dan masih banyak lagi program promosi
di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive
komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
Rencana Program Promo Tahunan:
Contoh Program Diskon di Gamedia:
Program Edisi Tahun Ajaran Mahasiswa
dan Akhir Tahun
Buku Best Seller di Toko
Buku Best Seller Saat Ini
C.
Strategi pemasaran buku yang terakhir
yaitu Directselling
Direct selling atau penjualan langsung dapat menjadi cara
yang efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dan berbiaya rendah. Cara
ini memungkinkan kita untuk mengurangi biaya iklan, menghindari biaya overhead,
dan membangun hubungan pelanggan yang tahan lama dan jangka panjang.
Produk-produk Penerbit ANDI Offset
tersebut dipasarkan dan dijual langsung melalui perwakilan penjualan independen
yang dikenal juga sebagai Sales Direct selling . Ini menghilangkan perantara yang
terlibat dalam distribusi, seperti pedagang grosir dan pusat distribusi
regional. Sebaliknya, produk dikirim langsung dari produsen ke perusahaan
penjualan, lalu ke perwakilan atau distributor, dan terakhir ke konsumen.
Produk yang dijual melalui penjualan langsung biasanya tidak
ditemukan di lokasi ritel tradisional. Ini berarti menemukan distributor atau
perwakilan adalah satu-satunya cara untuk membelinya.
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan
berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku
penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu
:
Ø Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran
Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
Ø Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua
mata kualiah
Ø Buku Referensi untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori
tersebut diatas maka penerbit ANDY sebagai Industri Penerbitan buku melakukan
terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales)
Tugas Tenaga Penjual / sales DIRECT SELLING tersebut kita
beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
Ø Kunjungan langsung ke tiap sekolah
PAUD-TK, SD,SMP,SMA,SMK
Ø Kunjungan langsung ke setiap Kampus /
Perguruan Tinggi untuk temui Dosen, tiap
Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para Rektor .
Ø Kunjungan langsung ke setiap
Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut
diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak
Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan
buku dapat meningkat.
POINT JAWABAN DARI PERTANYAAN PENTNG
- Syarat kerjasama penerbitan buku penerbit
Andi
1.
Yang
pertama yaitu kerjasama secara reguler , yaitu penulis langsung mengirim pak naskah ke ANDI Offset.
Seelah naskah ibu dinilai dengan nilai standar yang ditentukan maka penerbit Andi yang menentukan apakah naskah di
terima atau di tolak. Jika naskah dinyatakan diterima maka akan di terbitkan
tanpa biaya apapun . dan bila naskah Ibu di tolak berarti gugur.
2.
Kedua
yaitu kerjasama Perorangan , hal ini berdasarkan kebutuhan dari penulis dan
naskah penulis akan terbitkan berdasarkan pesanan khusus dari penulis , dengan
kalkulasi harga berdasarkan Jumlah halaman, jenis kertas dan warna atau hitam
putih.
3.
Ketiga
Kerjasama antar lembaga (Penerbit dengan Institusi) yaitu kerjasama Pecintraan
bersama dengan paket minimal 300 Exs untuk kebutuhan lembaga tersebut.
- Syarat untuk penerbitkan buku secara digital
Yaitu naskah di review terlebih dahulu dari
pihak penerbit Andi setelah direview akan di jawab oleh tim development untuk
di terima atau tidak berdasarkan standar penilaian penerbit Andi. untuk itu
ikuti sesi berikutnya khusus tentang
syarat-syarat bisa terbit di ANDI Offset ... yang akan dibawakan oleh
pak Edi s Mulyanta.
- Kriteria buku yang tergolong best Seller
1.
Buku-buku
yang setiap bulannya terjual terbanyak pada sebuah
toko dan di luar toko secara nasional.
2.
Biasanya
bergenre buku-buku novel, fiksi, anak, religi/agama, bisnis.
3.
Buku
sesuai moment keadaan.
- Buku yang disarankan penerbit Andi
bagi guru-guru Indonesia.
1.
Buku
kurikulum baru tingkat SMK kejuruan.
2.
Buku
profil Pancasila di tiap mate pelajaran baik SD, SMP, SMA,SM.
Kriteria penulisan buku penerbit Andi silahkan tengok Blog
literasikangAguswww.blogspot
Novelty
nara sumber
Tantangan terbesar
dalam hidup adalah mengubah tragedi menjadi kemenangan, kesedihan menjadi
kesuksesan, dan kebingungan menjadi kepercayaan diri." - Richie Norton
Hidup memberikan tantangan dan setiap tantangan dilengkapi
dengan pelangi dan lampu untuk menaklukkannya.
Salam literasi,
Dunia Meta, 28 -02-2022.
Penggerak kebakan.
Masya Allah, keren sekali resumenya Bunda Elmiya
BalasHapusKunci sukses dunia akhirat menghentakkan sukmaku
BalasHapusDibuka dengan oase penyejuk jiwa, diisi dengan resume yang tertata sistematis dan pemaparan yg apik
BalasHapusMencirikan sebuah ketenangan spiritualitas . Sukses bunda elmiya sari
Kereen.... Penuh ilmu akherat.... Dunia di dapat.
BalasHapusSucces bunda sari....
Good job bundaaa, I like it's
BalasHapus1.Suka judulnya
BalasHapus2. Suka prolognya
3. Suka paragraf pembukanya
4. Suka isinya
Lengkap, informatif dan mantap....salut Bun.
Mantap betul bunda.salam literasi😊
BalasHapusPembukaan, penutup menarik, isi informatif... Lengkap.. Mantep banget.. Mbak El
BalasHapusAlhamdulillah, turut diizinkan membaca. Sukses selalu Bund. Salam literasi
BalasHapus