BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN

 

“BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN”

PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI

GELOMBANG 23-24

PERTEMUAN 29


NARA SUMBER                 : NANI KUSMIYATI, S.Pd. M.M.CTMP

MODERATOR                     : DAIL MA’RUF

PELAKSANAAN                 : RABU, 23 MARET 2022

MEDIA                                  : WAG

WAKTU                                : 19.00-21.00

 

Saat ini blog bukanlah sesuatu yang baru karena hampir setiap orang mengenal tentang blog. Bahkan bertahun-tahun yang lalu para penulis juga kaum akademia menggunakan blog untuk mengekspresikan ide, pengalaman dan ilmu yang di dapatkannya. Saat ini di dunia pendidikan blog banyak dimanfaakan para guru untuk membantu mempermudah proses kegiatan belajar mengajar.

Pada kesempatan menjelang ambang akhir pertemuan belajar menulis ini kita akan mengulas tema tentang penggunaan blog sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran. Nara sumber  yang akan memaparkan tema tersebut adalah ibu NANI KUSMIYATI, S.Pd. M.M.CTMP . Beliau ditemani seorang moderator yang mempunyai julukan Mr Smile, beliaulah bapak Dail Ma’ruf. Selain sebagai seorang guru bahasa Inggris ibu Nani juga seorang blogger dan penulis berprestasi. Sekitar 30 buku telah ditulisnya.  Ibu Nani Saat ini uga mengajar bahasa Inggris  perwira TNI AL yang akan berangkat atau sekolah ke luar Negeri. Berikut curiculum vitae ibu Nani.

   

Manfaat Blog

Menurut ibu Nani menulis di blog sama halnya seperti menulis dibuku catatan kita. Berbeda namun memiliki manfaat yang sama yaitu mengabadikan buah pikiran kita sendiri maupun pelajaran yang kita dapatkan dari sumber lain. Sumber lain itu dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang kita dapatkan dari guru kita, ketika kita masih belajar di bangku sekolah maupun kuliah.

Selain menggunakan media blog dalam pembelajaran beberapa guru dapat menggunakan google form, whatsApp atau media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan lebih bagus. Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran.

Bagi guru,  blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi ajaran. Blog dapat menjadi sarana belajar, terutama belajar writing. Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu alternatif di dalam mengajar.

Selain itu  blog sangat membantu mengingat kejadian-kejadian yang menarik perhatian  baik dimasa lampau atau saat ini. Untuk mengingat kejadian masa masa lampau misalnya biasanya dapat dibantu dengan dokumentasi berupa foto-foto karena akan mudah mengemasnya kembali menjadi sebuah cerita true story. Sedangkan kejadian dimasa kini akan lebih mudah dituliskan di blog karena ingatan masih fresh sehingga memudahkan kita untuk menulis..

Ibu Nani menyarankan jika melihat kejadian yang menarik perhatian, maka segera tulislah di blog. Ketika hendak menulis, tidak selalu menggunakan laptop atau komputer, namun HP dapat membantu untuk menuliskan poin-point singkat tentang kejadian atau pengalaman yang menarik untuk diceritakan.

Setelah memiliki waktu luang barulah kita dapat menuliskannya. Bagaimana jika kita benar-benar sibuk dan tidak ada waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri maupun orang lain?

Cara Menulis disaat  Bad Mood Menyerang

Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk menuliskannya?

Siapa yang tak pernah mengalami bad mod, semua orang pasti pernah mengalaminya, karena itulah kodrat anusia. Menurut ibu Nani cara menulis ketika hati dilanda badmood karena terkendala kesibuk yang luar biasa yaitu dengan cara meluangkan waktu untuk menuliskannya walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian dikesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi.

Jika sedang berkendara tentunya menulis tidak dapat kita lakukan. Akan berbeda jika menjadi penumpang,  maka menulislah di hp selama perjalanan bekerja atau pulang. Memang sih draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang terpenting poin-poin itu sudah ada deskripsinya. Ketika ada waktu barulah dibaca kembali untuk menyempurnakan tulisan tersebut.

Kelebihan Menggunakan Blog

apakah akan ada tantangan membuat blog pembelajaran... dan dapat hadiah?

Ibu Nani berpendapat blog adalah salah satu media yang aman untuk menyimpan materi/ bahan pelajaran. Kita bisa saja menyimpan  materi /bahan ajar di flasdisk namun Kekurangannya jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan sangat riskan hilangnya materi ajar yang telah kita bat dengan susaah payah. Maka menyimpan materi ajar pada blg sangat efektif dan aman karena tidak akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama blog dan password-nya.

Jika masih  lupa password masih bisa dipulihkan melalui email atau no Hp kita. Karena blog bersifat umum atau dapat dibaca orang lain, sebaiknya kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika guru memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia, sebaiknya jangan disimpan di blog.

Selain aman  blog  juga merupakan media yang  interaktif digunakan untuk belajar. Tehniknya yaitu dengan mengirimkan tugas-tugas ke siswa dengan cara meminta mereka menjawab di blog mereka dan mengirimkan linknya ke group whatshap. Selain itu dapat juga untuk  memberi tugas ke siswa lain untuk melakukan blog walking yaitu saling berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. Mengapa minim dua blog? Sebaiknya tidak memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak pekerjaan rumah dari guru berbeda.

Tehnik Mengajar Menulis Bahasa Inggris pada Siswa

Menurut ibu Nani writing menggunakan bahasa Inggris termasuk salah satu skill yang tersulit karena budaya menulis masih di dominasi kaum akademia atau pegiat literasi. Untuk siswa dengan level bahasa Inggris elementary, saya biasanya memberikan topik umum dan memberikan contoh cara mendeskripsikan topik tersebut.Saya juga menyarankan menggunakan google translate untuk membantu mengerti isi dari reading. Kemudian menceritakan kembali dengan bahasa mereka sendiri.

Bagi yang benar-benar level begginer saya meminta mereka membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan dengan google translate untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. Mereka juga belajar menganalisa tulisan mereka sendiri dan memperhatikan kalimat bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya. 

Blog untuk Siswa

Pegenalan cara menggunakan blog pada siswa perlu kita lakukan. Mungkin bagi siswa SMU atau yang telah duduk di  bangku universitas menggunakan blog bukanlah  cara yang sulit, mereka adalah generasi  millenial yang cerdas. Mereka juga sudah dapat menggunakan media social secara bijak. Untuk itu mereka  diharuskan memiliki akun untukmengakses blog.

Tapi bagaimana dengan siswa SD atau SMP? Menurut ibu Nani mereka bisa memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau kakak-kakaknya yang mengerti blog dengan segala etika bersosial media.

Jika perlu yang mengetahui passwordnya hanya orang tua atau kakak-kakaknya yang dapat diandalkan. Walau blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus untuk belajar atau menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun.

Atau Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT bisa membantu mereka dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung dengan para orang tua dan mengajarkannya cara membuat blog dengan etika bersosial media.

Guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom atau whatsApp call. Penggunaan blog sebagai sarana pembelajaran adalah salah satu alat untuk mengajar atau belajar.

Bapak/ibu pendidik boleh  menggunakan media yang dianggap mudah untuk meningkatkan ilmu dengan berbagi kebaikan dengan murid-murid, sahabat atau orang lain.

Media yang sulit perlu dipelajari dan di takhlukkan jika memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika dianggap tidak memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan.

Pembelajaran Blog Ibu  Nani

Saat ini ibu Nani sedang mengajar perwira TNI AL yang akan berangkat atau sekolah ke luar Negeri. Mereka sudah memiliki basic Bahasa Inggris, tinggal mengembangkan dengan berlatih. Berikut mata pelajaran yang saya tulis di blog https://wp.me/pc52tJ-17d Masukkan google translate, grandma google will help you.

Berikut contoh lain dari kelompok belajar sebelumnya https://belajarbarengbudiyah.blogspot.com/2021/09/kisah-infaq-umar-bin-khattab.html?m=1

Beberapa Tips Ibu Nani

Menulis di blog adalah cara untuk berbagi ilmu, adalah suatu kebahagian tersendiri jika blog kita banyak dikunjungi karena merasa terbanttu dengan tulisan kita. Namun jika blog kita sepi pengunjung tetaplah menulis karena menulis adalah sarana paling tepat untuk berbagi.

Untuk terus bertahan menulis di blog tidaklah mudah, karena terkendala kesibukan atau hal lain sehingga kita sult untuk menulis.  Memulai menulis berdasarkan foto lebih mudah, karena imajinasi kita masuk ke dalam peristiwa foto tersebut karena dapat  mengenang momen yang sangat menyentuh hati, bisa gembira, bisa sedih atau rasa iba

Trik agar anak-anak rajin mengisi blognya tentunya harus ada trigger dari ibu gurunya. Misalkan mereka diminta menyalin pelajaran, atau diberikan gambar yang sesuai dengan tingkatannya, kemudian meminta mereka untuk menulis di blognya,. dan share ke group teman-temannya. Atau kirim langsung ke ibu guru,. tentunya yang tercepat akan mendapatkan hadiah.

Alangkah bagusnya jika kita menulis di bog tulisan kita kelompokkan misalnya puisi, kita berikan katagori puisi, jika pelajaran dikelompokkan di edukasi,. di WordPress bisa dibuat kelompok-kelompok tersebut .

Demikian materi  belajar menulis kali ini semoga bermanfaat. Novelti yang saya ambil pada pertemuan kali ini adalah,

Blog merupakan media yang aman dan fleksibel untuk pembelajaran.

Terus menulislah walau mungkin blogmu sepi pengunjung karena menulis adalah media untuk mencurahkan isi hati dan berbagi.

Dunia Meta, Rabu 23 Maret 2022.

Penggerak kebaikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOMBA BLOG SATU GURU, JURUS JITU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

"PROOFREADING PENEPIS MALU SEBELUM MENERBITKAN TULISAN”

“MENULIS BUKU dari KARYA ILMIAH”