PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR MURID BERDASARKAN MINAT, KESIAPAN BELAJAR DAN PROFIL BELAJAR
PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR MURID BERDASARKAN MINAT, KESIAPAN BELAJAR DAN PROFIL BELAJAR
OLEH:
ELMIYA SARI,S,Pd.
CGP Angkatan 4 Pasuruan
Pemetaan Kebutuhan
Belajar Berdasarkan Minat Kelas: 1 (Satu)
/ SDN Wonokerto Pasuruan.
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan dengan benar.
Tabel 1. Pemetaan
Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat
Minat |
PPKn (Menggambar/Menulis lambang dan bunyi
sila ke 4 ) |
PPKn (Menggambar
lambang dan bunyi sila ke 4 ) |
PPKn (Bercerita tentang lambang dan bunyi
sila ke 4 ) |
Nama murid |
Lathifa
Kirani Azzahra Cintya
Risqi Azalia M Dafa
Ibnu Hafid M.Dwi
Ananda M
Raffaasa Alfarezi M.
Raihaan A Azam M.Rifki
Kelvin Saputra M Rifqi
Andriansyah Nizam
Zlhaq Al Maziz Nuriyanto Putri
Anggraeni Saifullah Siti
Fatimatuz Zahra Syailendra
Ulil Maula Sarifa
Ulil Maula Nuril Ahad Royhan Achmad Gozali Bagas Adi Pratama Diajeng Wulan Pinastika M Wildan M Nur
Said M
uhammad Saheer Mahmud Putri
Anggraeni Saifullah Siti
Fatimatuz Zahra Wahyu
Utomo Nuril |
Lathifa Kirani Amad Hamdani Akil Al Hasil Anwarul Sabil Dwita Putri Apriningtias Gozali Mustofa Bisri Kafis Shofi Azzahid M. Firdaus M Wildan Nabia Zulfa Priyanto Siti Fatimatuz Zahra Nuril |
Syailendra
Ulil Maula Lathifa
Kirani Azzahra Cintya
Risqi Azalia M Dafa
Ibnu Hafid M.Dwi
Ananda M
Raffaasa Alfarezi M Rifqi
Andriansyah Putri
Anggraeni Nuril Nuril Adilio
Vierza |
Produk |
Menuliskan
simbol sila keempat Pancasila dengan benar. Menggambar
simbol sila kelima Pancasila dengan dengan benar. |
Menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan dengan
benar |
Menceritakan
simbol dan bunyi sila kelima Pancasila dengan dengan benar |
Dalam contoh di atas, guru
mendiferensiasi pembelajaran dengan
mempertimbangkan perbedaan minat
murid. |
Pemetaan Kebutuhan
Belajar Berdasarkan Kesiapan
Belajar Kelas : 1 (Satu)/ SDN Wonokerto
Sukrejo
Tujuan Pembelajaran:
Tabel 2. Pemetaan
Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar
Kesiapan belajar (Readiness) |
Siswa dapat menggunakan
kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan tepat. |
Siswa dapat menggunakan
kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis namun belum seluruhnya tepat. |
Siswa belum dapat menggunakan kosa
kata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan tepat. |
Namamurid |
Lathifa Kirani Azzahra Cintya Risqi Azalia M Dafa Ibnu Hafid M.Dwi Ananda M Raffaasa Alfarezi Putri Anggraeni Saifullah Siti Fatimatuz Zahra Syailendra Ulil Maula Kafis Shofi Azzahid Nuril |
M. Raihaan A Azam M Rifqi Andriansyah Nizam Zlhaq Al Maziz Amad Hamdani Anwarul Sabil Dwita Putri Apriningtias M Wildan Nabila Zulfa Priyanto Kafis Shofi Azzahid Achmad Gozali Ahmad Royhan Bagas Adi Pratama Diajeng Wulan Pinastika M Nur Said Wahyu Utomo |
Akil Al Hasil M. Firdaus Gozali Mustofa Bisri M Indra Pratama |
Proses |
Peserta didik
diminta Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang ciri-ciri benda hidup. Siswa berlatih soal mengenai ciri-ciri benda hidup. Siswa menulis cerita
apa saja yang diketahuinya tentang
ciri-ciri makhluk hidup di sekitarnya |
Peserta didik
diminta Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang ciri-ciri benda hidup. Siswa berlatih soal mengenai ciri-ciri benda hidup. |
Peserta didik akan
mendapatkan pembelajaran eksplisit tentang ciri-ciri makhluk hidup sesuai
gambar. Guru akan memberikan scaffolding dalam proses ini. |
Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran dengan
mempertimbangkan kesiapan belajar murid. |
Pemetaan Kebutuhan Belajar
Berdasarkan Profil Belajar
Murid Kelas : 1 (Satu) / SDN
Wonokerto
1. Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan dengan benar.
3. Melalui kegiatan permainan, siswa dapat
menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka
dengan bantuan benda konkret dengan benar.
4. Melalui kegiatan permainan, siswa dapat
menuliskan bilangan terdiri dari dua angka sesuai nilai tempat dengan benar.
Tabel
3. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil
Belajar Murid
Profil Belajar murid |
Visual |
Auditori |
Kinestetik |
Nama murid |
Lathifa Kirani Azzahra Cintya Risqi Azalia Putri Anggraeni Syailendra Ulil Maula Nuril Akil Al Hasil M. Firdaus M Indra Pratama M. Raihaan A Azam Nizam Zlhaq Al Maziz Amad Hamdani Dwita Putri Apriningtias M Wildan Nabila Zulfa Priyanto Achmad Gozali Ahmad Royhan Bagas Adi Pratama Diajeng Wulan Pinastika Wahyu Utomo |
Saifullah Siti Fatimatuz Zahra |
M Rifqi Andriansyah Kafis Shofi Azzahid M Dafa Ibnu Hafid M.Dwi Ananda M Raffaasa Alfarezi Gozali Mustofa Bisri M Nur Said Anwarul Sabil |
Produk |
Murid
diperbolehkan memilih cara belajar dengan menulis, menggambar, bercerita,
bermain tentang |
||
Proses |
Saat menjelaskanguru menggunakan
banyak gambar atau alat bantu visual. |
Guru
juga menyediakan kesempatan bagi murid untuk mengakses sumber belajar yang dapat didengarkan
murid secara lisan. |
Guru
membuat beberapa sudut belajar yang ditempel di tempat- tempat
berbeda untuk memberikan kesempatan murid bergerak saat mengakses informasi. |
Dalam contoh
di atas, guru
mendiferensiasi pembelajaran denganmempertimbangkan perbedaan gaya belajar. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN WONOKERTO
Kelas/Semester : I/ 2(dua)
Tema/Subtema/PB : 7. Benda,
hewan, dan tanaman di sekitarku / 1. Benda
Hidup dan Tak
Hidup di Sekitar Kita / 6
Alokasi Waktu : 6 X 35 menit (1 Pertemuan)
Hari/Tanggal :
Kamis, 07 April 2022.
A. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.6 Menguraikan
kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek
(berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau
eksplorasi lingkungan.
4.6 Menggunakan
kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa
daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis
sederhana.
Indikator:
3.6.1 Siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang
ciri-ciri benda hidup dengan tepat .
4.6.1 Siswa dapat menggunakan kosa kata tentang
ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan tepat.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka
yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
Indikator:
3.2.1 Siswa dapat
menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka
dengan bantuan benda konkret dengan benar.
4.2.1 Siswa dapat
menuliskan bilangan terdiri dari dua angka sesuai nilai tempat dengan benar.
PPKn
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri
diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas
sebagai gambar pada lambang negara
“Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap
santun,rukun,mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam
lambang negara “ Garuda Pancasila ” dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengenal
simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila
pada Lambang Garuda Pancasila.
Indikator:
3.1.1 Siswa dapat menuliskan simbol sila keempat
Pancasila dengan benar.
4.1.1 Siswa dapat menggambar simbol sila keempat Pancasila dengan dengan benar.
B. Tujuan Pembelajaran
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menuliskan simbol
sila keempat Pancasila dengan benar.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menggambar simbol
sila kelima Pancasila dengan dengan benar.
5. Setelah membaca, siswa dapat menunjukkan kosa kata
tentang ciri-ciri benda hidup dengan tepat .
6. Setelah mengamati teks, siswa dapat menggunakan kosa kata
tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan tepat.
7. Melalui kegiatan permainan, siswa dapat menentukan nilai
tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka dengan bantuan
benda konkret dengan benar.
8. Melalui kegiatan permainan, siswa dapat menuliskan
bilangan terdiri dari dua angka sesuai nilai tempat dengan benar.
C.
Materi Pembelajaran
·
Menggambar lambang sila ke 4 pancasila ·
Identifikasi
ciri-ciri benda hidup berdasarkan kosakata yang ditentukan ·
Nilai tempat
suatu bilangan |
D. Karakter
Yang dikembangkan merujuk pada Profil Pelajar Pancasila:
1. Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
Berakhlaq Mulia: ditunjukkan saat berdoa awal dan akhir pelajaran, menjawab
salam guru, saling menghargai teman dan guru
2. Berkebhinekaan Global: menyanyikan lagu
Garuda Pancasila di awal pelajaran,
pembentukan kelompok, pembelajaran klasikal yang saling menghargai
3. Bergotong
Royong: diskusi sambil bermain dadu nilai puluhan dan satuan.
4. Mandiri: mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
hidup.
5. Bernalar Kritis: terlihat pada sintak
kegiatan stimulation, problem statement, data collection, data processing,
verification, dan generalization.
6. Kreatif: membuat karya dadu.
E. Pendekatan/strategi/Metode Pembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran : Scientific
5M
2. Model pembelajaran : Discovery
Learning
3. Strategi Pebelajaran :
Diskusi, Tanya jawab, Presentasi
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·
Buku teks
·
Gambar potongan simbol sila ke-4 Pancasila
·
Lem dan gunting
·
Pola dadu berisi gambar puluhan dan satuan
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi waktu |
Pendahuluan Kesiapan belajar siswa |
·
Siswa berbaris dengan rapi sebelum masuk kelas. ·
Guru memberikan pertanyaan sarapan pagi sebelum
masuk kelas. Profil
belajar peserta didik. ·
Guru memberi salam pembuka dan Guru menyapa siswa serta
mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar. ·
Seorang siswa diminta untuk memimpin doa dan surat-surat
pendek Al-Quran. ·
Guru dan siswa menyanyikan lagu “ Garuda Pancasila”. ·
Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tepuk olahraga. Tepuk PPK (tepuk tangan 3x) Religus (tepuk tangan 3x) Nasionalis (tepuk tangan 3x) Mandiri
(tepuk
tangan 3x) Gotong
royong
(tepuk tangan 3x) Integritas (tepuk tangan 3x) PPK, yes…yes…yes! ·
Siswa membaca selama
15 menit di meja Literasi buku. ·
Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan
mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan. ·
Guru mengingatkan apakah anak-anak
membaawa dadu yang dibuatnya di rumah bersama bundanya. ·
Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilakukan dan tujuan kegiatan belajar. |
15
menit |
Kegiatan Inti |
·
Siswa mengamati gambar yang merupakan simbol sila ke-4
Pancasila. ·
Siswa meniru
menggambar kepala banteng
sebagai simbol sila keempat Pancasila. ·
Siswa mewarnai gambar sesuai dengan simbol sila ke-4
Pancasila. ·
Siswa menuliskan bunyi sila ke-4 Pancasila di bawah symbol sila ke empat yang telah
digambarnya . ·
Siswa tampil ke depan kelas untuk menunjukkan hasil
gambar sambil mengucapkan bunyi sila ke-4 Pancasila. ·
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ciri-ciri benda
hidup. ·
Ciri-ciri benda hidup adalah dapat bergerak dan
berpindah tempat, memerlukan makanan, berkembang biak, dan tumbuh besar. ·
Siswa berlatih soal mengenai ciri-ciri benda hidup. ·
Mainan termasuk benda tak hidup. Salah satu mainan yang
sering digunakan adalah dadu. ·
Kegiatan bermain nilai tempat dapat dilakukan perkelompok. ·
Siswa membuat dadu dari pola yang tersedia pada buku.
Ada dua jenis dadu yaitu dadu bertuliskan nilai puluhan dan nilai satuan. ·
Setelah kedua dadu selesai dibuat, tentukan pemain
pertama, kedua, dan seterusnya dengan
cara bergilir. ·
Pemain pertama melempar kedua dadu secara bersamaan. Tahapan kegiatan 1.
Buatlah kelompok 2.
Siapkan dua buah dadu bilangan puluhan dan satuan 3.
Tentukan pemain pertama yang akan melempar dadu 4.
Lemparlah kedua dadu secara bersamaan 5.
Tuliskan banyaknya bilangan satuan dan puluhan sesuai
kolom yang tersedia 6.
Tuliskan nama dan bilangan Contoh
·
Lakukan kegiatan yang sama dengan pemain berikutnya. |
180 menit |
Penutup |
Refleksi ·
Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu.
Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa berikut ini. ·
Apa yang kamu pelajari hari ini? ·
Bagaimana perasaanmu saat menyusun gambar simbol sila
keempat Pancasila, berlatih membuat kalimat, dan bermain dadu menentukan
nilai tempat? ·
Kegiatan apa yang paling kamu sukai? ·
Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut? ·
Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut? ·
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi
dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa
menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku
tulis khusus untuk refleksi. ·
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil
belajar selama sehari. ·
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaiannya materi). ·
Melakukan penilaian hasil belajar. ·
Guru dan siswa menyanyikan satu lagu daerah “
Mentog-mentog) secara bersama-sama. ·
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran ). ·
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya). ·
Apabila
ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah
selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdo’a
lebih disempurnakan. ·
Meluangkan
waktu 15 menit untuk mendampingi siswa yang lambat belajar. |
15 menit |
H.
Penilaian
Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan
Pengamatan dan pencatatan
sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman
penilaian).
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi kalimat dengan kalimat dengan kata yang
tersedia.
Jumlah soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap soal : 25
Kunci Jawaban:
1. Bergerak
2. Berkembang biak
3. Tumbuh besar
4. Membutuhkan makanan
b. Menentukan nilai tempat suatu bilangan pada suatu
permainan dadu. Jawaban sangat beragam.
Banyaknya contoh 5 soal.
Skor setiap soal 20.
Nilai = banyak jawaban benar X 20
3.
Penilaian Keterampilan :
Keterampilan
a. Penilaian Menebalkan Gambar Simbol Sila Keempat
Pancasila
Rubrik Menyusun Gambar Simbol Sila Keempat Pancasila
Remedial
· Guru memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang belum
lancar membaca dan berhitung bilangan puluhan dan satuan
menggunakan dadu..
· Mengganti kegiatan membaca dengan berbicara/menulis jika
siswa kesulitan.
· Menentukan nilai tempat bilangan dengan menggunakan benda konkret (dadu puluhan dan satuan).
Kegiatan Alternatif
(Pengayaan)
·
Pengelompokan benda hidup
dan tak hidup melalui pengamatan langsung terhadap
·
benda di sekitar. Minta
siswa menuliskan dan menentukan pengelompokan.
·
Berlatih berhitung maju
dan mundur bisa dilakukan langsung oleh siswa dengan menggunakan garis
bilangan.
·
Berlatih menuliskan
lambang dan nama bilangan 61-80 melalui kegiatan dikte.
·
Membandingkan berat tanpa
menggunakan timbangan, tetapi langsung melihat postur tubuh temannya.
·
Kegiatan menentukan
panjang pendek bunyi dengan tebak-tebakan lagu.
Refleksi Guru
Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu
Guru selama pembelajaran?
Siswa mana saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
Hal-hal apa saja menjadi
catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu Guru lakukan?
Hal-hal apa saja yang
harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu Guru lakukan
menjadi lebih efektif?
Refleksi Guru Pembelajaran hari ini alhamdulillah berhasil,
siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik, bahkan ada beberapa
siswa yang melampaui batas belajar sehingga perlu saya berikan pengayaan.
Namun ada satu siswa yang belum bisa membaca dan 3 siswa yang agak lambat
menangkap pelajaran. 3 siswa ini perlu saya berikan remidi dengan memberikan
waktu khusus 15 menit untuk belajar membaca dan berhitung. |
Sukorejo, 07 April 2022
Kepala Sekolah,
SDN Wonokerto Guru Kelas I,
PUJIONO YUSWANTO, S.Pd
ELMIYA SARI, S.Pd
NIP.196508061986061002
Lampiran
Kamu sudah mengetahui
bahwa gambar lambang negara di dinding kelas termasuk benda tak hidup.
Kamu juga sudah mengetahui
simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila.
Sambungkan garis
putus-putus berikut agar membentuk simbol sila ke-4. Diferensisi Proses.
Warnailah gambar tersebut sesuai dengan simbol sila ke-4.
Kemudian tuliskan bunyi sila ke-4 di bawah
gambar symbol sila ke 4 yang telah kamu gambar
Apakah kamu masih ingat
ciri-ciri benda hidup? Coba perhatikan gambar di bawah.
Isilah titik-titik di
bawah ini menggunakan kata yang tersedia. Diferensiasi
Konten.
Aku tahu kuda disebut
benda hidup karena ....
Aku tahu burung
disebut benda hidup karena ....
Aku
tahu kucing disebut benda hidup karena....
Aku tahu ulat disebut benda
hidup karena...
Aneka jenis permainan
termasuk benda tak hidup.
Boneka, mobil-mobilan, dan
kartu adalah benda tak hidup.
Dadu pun termasuk benda
tak hidup.
Mari, mencoba membuat
dadu.
Kegiatan membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai
tempat suatu bilangan.
Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut. Diferensiasi Produk.
Kemudian rekatkan dengan lem sehingga membentuk dadu.
Setelah membuat dadu,
lakukan kegiatan berikut.
1. Buatlah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2. Siapkan dua buah dadu bilangan puluhan dan satuan.
3. Tentukan pemain pertama yang akan menggulirkan dadu.
4. Lemparlah kedua dadu secara bersamaan.
5.
Tuliskan banyaknya
bilangan satuan dan puluhan sesuai kolom yang tersedia.
Tuliskan nama dan bilangan pada tabel-tabel berikut.
A. Penilaian Sikap
Kompetensi Dasar |
Butir Nilai Sikap |
Teknik Penilaian |
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya. |
Disiplin. |
Observasi. |
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat. |
|
|
PENILAIAN SIKAP
Lembar observasi pengamatan sikap disiplin peserta
didik saat melakukan diskusi
NO |
Kriteria |
Skor |
1 |
Siswa berbaris dengan rapi dan berdoa dengan khusus. |
1 |
2 |
Aktif menjawab dan memberi masukan di dalam kelompok dan menunjukkan sikap menghargai saat bekerja kelompok ( Tidak bertengkar dengan temannya). |
1 |
3 |
Mengerjakantugas
dengan benar sesuai arahan guru. |
1 |
4 |
Menyelesaikan dan mengumpulkan
tugas tepat waktu. |
1 |
Aspek Sikap disimpulkan dengan menggunakan kriteria
Skor pada Instrumen |
Modus |
Predikat |
1 |
1,00 |
Kurang Disiplin (K) |
2 |
2,00 |
Cukup Disiplin (C) |
3 |
3,00 |
Disiplin (B) |
4 |
4,00 |
Sangat disiplin (SB) |
LAMPIRAN 5
PENILAIAN
a.
Penilaian sikap
1. Spiritual
No |
Nama Peserta Didik |
Sikap |
Jumlah Skor |
Nilai |
|||||||
Beriman Kepada Tuhan |
Rasa Syukur |
||||||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Sikap Sosial
No |
Nama Peserta Didik |
Sikap |
Jumlah Skor |
Nilai |
|||
Percaya Diri |
Teliti |
Tanggung Jawab |
Kerjasama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian Pengetahuan
Muatan |
Kompetensi
Dasar |
Materi |
Indikator |
Level Kognitif |
No Soal |
Bentuk Soal |
Bobot Soal |
Bahasa Indonesia |
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana,
tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan. |
Benda Hidup dan Tak Hidup |
3.6.1 Siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang ciri-ciri
benda hidup dengan tepat . |
Mengkatagorikan(C2) |
1-4 |
Uraian |
2,5 |
Matematika |
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat
penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara
membacanya. . |
Nilai puluhan dan Satuan |
3.2.1 Siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan
terdiri dari dua angka dengan bantuan benda konkret dengan benar. |
Menentukan (C3) |
1-4 |
Uraian |
2,5 |
|
|
|
|
|
|||
PPKn |
.3.1Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila” |
Simbol dan Bunyi Sila Pancasila |
3.1.1 Siswa dapat menuliskan
simbol sila keempat Pancasila dengan benar. |
Menulis (C1) |
2 |
Uraian |
5 |
|
|
|
|
|
Panduan Konservasi Nilai
Konservasi Nilai (Skala 0-100) |
Predikat |
Klasifikasi |
81-100 |
A |
SB (Sangat Baik) |
66-80 |
B |
B (Baik) |
51-65 |
C |
C (Cukup) |
0-50 |
D |
D (Kurang) |
No. |
Nama |
B.Ind (1,2) |
IPS (3,4) |
IPA (5,6) |
Jumlah Skor |
Nilai Rata-rata |
|||
Skor |
Nilai |
Skor |
Nilai |
Skor |
Nilai |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Keterampilan
1.
Menggambar simbol sila ke 4
No |
Nama Peserta Didik |
Cakap |
Berkembang |
Awal |
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Menghitung
No |
Nama Peserta Didik |
Cakap |
Berkembang |
Awal |
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Menceritakan ciri-ciri Maakhluk Hidup
No |
Nama Peserta Didik |
Cakap |
Berkembang |
Awal |
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
FOTO KEGIATAN BELAJAR
Foto kegiatan sebelum masuk kelas
Berdo’a sebelum belajar
MENDEKLAMASIKAN PANCASIL
Berhitung nilai tempat berkelompok
PORTOFOLIO BAHASA INDONESIA (BENDA HIDUP)
PORTOFOLIO MATEMATIKA
Ini nih yang namanya blog sebagai media pembeljaran
BalasHapusSiip siip
Ah bu sekjen bisa aja. Sebatas kemampuan saja bunda, tapi ingin berbagi.🙏😊
Hapus