PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR MURID BERDASARKAN MINAT, KESIAPAN BELAJAR DAN PROFIL BELAJAR

 

PEMETAAN   KEBUTUHAN   BELAJAR   MURID BERDASARKAN MINAT, KESIAPAN BELAJAR DAN PROFIL BELAJAR

 OLEH:

                                                                      

    

                                                                  ELMIYA SARI,S,Pd.

CGP Angkatan 4 Pasuruan

 

Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat Kelas: 1 (Satu) / SDN  Wonokerto Pasuruan.

Tujuan Pembelajaran:

1.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

2.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan dengan benar.

Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat

 

Minat

PPKn (Menggambar/Menulis lambang dan bunyi sila ke 4 )

PPKn (Menggambar lambang dan bunyi sila ke 4 )

PPKn (Bercerita tentang lambang dan bunyi sila ke 4 )

Nama murid

 

Lathifa Kirani Azzahra

Cintya Risqi Azalia

M Dafa Ibnu Hafid

M.Dwi Ananda

M Raffaasa Alfarezi

M. Raihaan A Azam

M.Rifki Kelvin Saputra

M Rifqi Andriansyah

Nizam Zlhaq Al Maziz

Nuriyanto

Putri Anggraeni

Saifullah

Siti Fatimatuz Zahra

Syailendra Ulil Maula

Sarifa Ulil Maula

Nuril

Ahad Royhan

Achmad Gozali

Bagas Adi Pratama

Diajeng Wulan Pinastika

M Wildan

M Nur Said

M uhammad Saheer Mahmud

Putri Anggraeni

Saifullah

Siti Fatimatuz Zahra

Wahyu Utomo

Nuril

 

 

Lathifa Kirani

Amad Hamdani

Akil Al Hasil

Anwarul Sabil

Dwita Putri Apriningtias

Gozali Mustofa Bisri

Kafis Shofi Azzahid

M. Firdaus

M Wildan

Nabia Zulfa Priyanto

Siti Fatimatuz Zahra

Nuril

 

 

Syailendra Ulil Maula

Lathifa Kirani Azzahra

Cintya Risqi Azalia

M Dafa Ibnu Hafid

M.Dwi Ananda

M Raffaasa Alfarezi

M Rifqi Andriansyah

Putri Anggraeni

Nuril

Nuril

Adilio Vierza

Produk

Menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

Menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan dengan benar.

 

Menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan dengan benar

Menceritakan  simbol dan bunyi sila kelima Pancasila dengan dengan benar

Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan perbedaan minat murid.

 

 

Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar Kelas                    : 1 (Satu)/ SDN Wonokerto Sukrejo

Tujuan Pembelajaran:

 

Tabel 2. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar

 

Kesiapan belajar (Readiness)

 

Siswa dapat menggunakan kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan tepat.

 

Siswa dapat menggunakan kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis namun belum seluruhnya  tepat.

Siswa belum dapat menggunakan kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan tepat.

Namamurid

Lathifa Kirani Azzahra

Cintya Risqi Azalia

M Dafa Ibnu Hafid

M.Dwi Ananda

M Raffaasa Alfarezi

Putri Anggraeni

Saifullah

Siti Fatimatuz Zahra

 Syailendra Ulil Maula

Kafis Shofi Azzahid

Nuril

 

 

M. Raihaan A Azam

M Rifqi Andriansyah

  Nizam Zlhaq Al Maziz

Amad Hamdani

Anwarul Sabil

  Dwita Putri Apriningtias

M Wildan

Nabila Zulfa Priyanto

Kafis Shofi Azzahid

Achmad Gozali

Ahmad Royhan

Bagas Adi Pratama

  Diajeng Wulan Pinastika

M Nur Said

 Wahyu Utomo

Akil Al Hasil

M. Firdaus

Gozali Mustofa Bisri

M Indra Pratama

 

Proses

Peserta didik diminta Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ciri-ciri benda hidup.

Siswa berlatih soal mengenai ciri-ciri benda hidup.

Siswa menulis cerita apa saja yang diketahuinya tentang  ciri-ciri makhluk hidup di sekitarnya

Peserta didik diminta Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ciri-ciri benda hidup.

Siswa berlatih soal mengenai ciri-ciri benda hidup.

Peserta didik akan mendapatkan pembelajaran eksplisit tentang ciri-ciri makhluk hidup sesuai gambar. Guru akan memberikan scaffolding dalam proses ini.

 

Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan kesiapan belajar murid.


Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar Murid Kelas                       : 1 (Satu) / SDN Wonokerto

1.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

2.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan dengan benar.

3.    Melalui kegiatan permainan, siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka dengan bantuan benda konkret dengan benar.

4.    Melalui kegiatan permainan, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri dari dua angka sesuai nilai tempat dengan benar.

Tabel 3. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar Murid

 

Profil Belajar murid

Visual

Auditori

Kinestetik

Nama murid

Lathifa Kirani Azzahra

Cintya Risqi Azalia

Putri Anggraeni

  Syailendra Ulil Maula

Nuril

Akil Al Hasil

M. Firdaus

M Indra Pratama

M. Raihaan A Azam

  Nizam Zlhaq Al Maziz

Amad Hamdani

  Dwita Putri Apriningtias

M Wildan

Nabila Zulfa Priyanto

Achmad Gozali

Ahmad Royhan

Bagas Adi Pratama

  Diajeng Wulan Pinastika

 Wahyu Utomo

 

Saifullah

Siti Fatimatuz Zahra

 

M Rifqi Andriansyah

Kafis Shofi Azzahid

M Dafa Ibnu Hafid

M.Dwi Ananda

M Raffaasa Alfarezi

Gozali Mustofa Bisri

M Nur Said

Anwarul Sabil

 

 

 

 

 

Produk

 

Murid diperbolehkan memilih cara belajar dengan menulis, menggambar, bercerita, bermain tentang

Proses

Saat menjelaskanguru menggunakan banyak gambar atau alat bantu visual.

Guru juga menyediakan kesempatan bagi murid untuk mengakses sumber belajar yang dapat didengarkan murid secara lisan.

Guru membuat beberapa sudut belajar   yang ditempel di tempat- tempat berbeda untuk memberikan kesempatan murid bergerak saat mengakses informasi.

Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran denganmempertimbangkan perbedaan gaya belajar.


 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                     : SDN WONOKERTO

Kelas/Semester         : I/ 2(dua)

  Tema/Subtema/PB  : 7. Benda, hewan, dan tanaman di sekitarku  / 1. Benda Hidup dan Tak

Hidup di Sekitar Kita / 6

Alokasi Waktu         : 6 X 35 menit (1 Pertemuan)

Hari/Tanggal             :  Kamis, 07 April 2022.

 

 

A.      Kompetensi Dasar dan Indikator

 

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

 

3.6    Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.6     Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana.

Indikator:

3.6.1   Siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup dengan tepat .

4.6.1  Siswa dapat menggunakan kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan tepat.

 

Matematika

Kompetensi Dasar

3.2  Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

4.2   Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.

 

Indikator:

3.2.1 Siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka dengan bantuan benda konkret dengan benar.

4.2.1 Siswa dapat menuliskan bilangan terdiri dari dua angka sesuai nilai tempat dengan benar.

 

 

PPKn

Kompetensi Dasar

 

1.1    Mensyukuri diterapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang  negara “Garuda Pancasila”

2.1    Bersikap santun,rukun,mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “ Garuda Pancasila ” dalam kehidupan sehari-hari  

3.1       Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

4.1       Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda Pancasila.

 

Indikator:

3.1.1    Siswa dapat menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

4.1.1  Siswa dapat menggambar simbol sila keempat Pancasila dengan dengan benar.

 

 

 

B.       Tujuan Pembelajaran

 

3.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

4.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan dengan benar.

5.    Setelah membaca, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup dengan tepat .

6.    Setelah mengamati teks, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan tepat.

7.    Melalui kegiatan permainan, siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka dengan bantuan benda konkret dengan benar.

8.    Melalui kegiatan permainan, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri dari dua angka sesuai nilai tempat dengan benar.

 

C.      Materi Pembelajaran

 

·         Menggambar lambang sila ke 4 pancasila

·         Identifikasi ciri-ciri benda hidup berdasarkan kosakata yang ditentukan

·         Nilai tempat suatu bilangan

 

D.  Karakter Yang dikembangkan merujuk pada Profil Pelajar Pancasila:

1. Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlaq Mulia: ditunjukkan saat berdoa awal dan akhir pelajaran, menjawab salam guru, saling menghargai teman dan guru

2. Berkebhinekaan Global: menyanyikan lagu Garuda Pancasila  di awal pelajaran, pembentukan kelompok, pembelajaran klasikal yang saling menghargai

3.  Bergotong Royong: diskusi sambil bermain dadu nilai puluhan dan satuan.

4. Mandiri: mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

5. Bernalar Kritis: terlihat pada sintak kegiatan stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization.

6. Kreatif: membuat karya dadu.

 

E.  Pendekatan/strategi/Metode Pembelajaran

1. Pendekatan pembelajaran : Scientific 5M

2. Model pembelajaran : Discovery Learning

3. Strategi Pebelajaran : Diskusi, Tanya jawab, Presentasi

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

·         Buku teks

·         Gambar potongan simbol sila ke-4 Pancasila

·         Lem dan gunting

·         Pola dadu berisi gambar puluhan dan satuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

waktu

Pendahuluan

 

 

 

 

 

 

Kesiapan belajar siswa

·         Siswa berbaris dengan rapi  sebelum masuk kelas.

·         Guru memberikan pertanyaan sarapan pagi sebelum masuk kelas. Profil belajar peserta didik.

·         Guru memberi salam pembuka dan Guru menyapa siswa serta mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar.

·         Seorang siswa diminta untuk memimpin doa dan surat-surat pendek Al-Quran.

·         Guru dan siswa menyanyikan lagu “ Garuda Pancasila”.

·         Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tepuk olahraga.

Tepuk PPK (tepuk tangan 3x)

Religus (tepuk tangan 3x)

Nasionalis (tepuk tangan 3x)

Mandiri (tepuk tangan 3x)

Gotong royong (tepuk tangan 3x)

Integritas (tepuk tangan 3x)

       PPK, yes…yes…yes!

·         Siswa membaca selama 15 menit di meja Literasi buku.

·         Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.

·         Guru mengingatkan apakah anak-anak membaawa dadu yang dibuatnya di rumah bersama bundanya.

·      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

15 menit

 


Kegiatan Inti

·      Siswa mengamati gambar yang merupakan simbol sila ke-4 Pancasila.

·      Siswa meniru menggambar kepala banteng sebagai simbol sila keempat Pancasila.

·      Siswa mewarnai gambar sesuai dengan simbol sila ke-4 Pancasila.

·      Siswa menuliskan bunyi sila ke-4 Pancasila di bawah symbol sila ke empat yang telah digambarnya .

·      Siswa tampil ke depan kelas untuk menunjukkan hasil gambar sambil mengucapkan bunyi sila ke-4 Pancasila.

·      Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ciri-ciri benda hidup.

·      Ciri-ciri benda hidup adalah dapat bergerak dan berpindah tempat, memerlukan makanan, berkembang biak, dan tumbuh besar.

·      Siswa berlatih soal mengenai ciri-ciri benda hidup.

·      Mainan termasuk benda tak hidup. Salah satu mainan yang sering digunakan adalah dadu.

·      Kegiatan bermain nilai tempat dapat dilakukan  perkelompok.

·      Siswa membuat dadu dari pola yang tersedia pada buku. Ada dua jenis dadu yaitu dadu bertuliskan nilai puluhan dan nilai satuan.

·      Setelah kedua dadu selesai dibuat, tentukan pemain pertama, kedua, dan seterusnya dengan cara bergilir.

·      Pemain pertama melempar kedua dadu secara bersamaan.

Tahapan kegiatan

1.      Buatlah kelompok

2.      Siapkan dua buah dadu bilangan puluhan dan satuan

3.      Tentukan pemain pertama yang akan melempar dadu

4.      Lemparlah kedua dadu secara bersamaan

5.      Tuliskan banyaknya bilangan satuan dan puluhan sesuai kolom yang tersedia

6.      Tuliskan nama dan bilangan

Contoh

 


 

 

 

 

 

 

 

 


·      Lakukan kegiatan yang sama dengan pemain berikutnya.

180 menit

 

Penutup

Refleksi

·         Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa berikut ini.

·         Apa yang kamu pelajari hari ini?

·         Bagaimana perasaanmu saat menyusun gambar simbol sila keempat Pancasila, berlatih membuat kalimat, dan bermain dadu menentukan nilai tempat?

·         Kegiatan apa yang paling kamu sukai?

·         Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?

·         Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?

·         Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.

·         Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.

·         Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaiannya materi).

·         Melakukan penilaian hasil belajar.

·         Guru dan siswa menyanyikan satu lagu daerah “ Mentog-mentog) secara bersama-sama.

·         Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran ).

 

·         Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya).

·         Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.

·         Meluangkan waktu 15 menit untuk mendampingi siswa yang lambat belajar.

15 menit

 

H. Penilaian

Penilaian Pembelajaran

1.    Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan

Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).

2.    Penilaian Pengetahuan

Tes tertulis: Skor

a. Melengkapi kalimat dengan kalimat dengan kata yang tersedia.

Jumlah soal: 4 buah

Skor maksimal: 100

Skor setiap soal : 25

Kunci Jawaban:

 

1.    Bergerak

2.    Berkembang biak

3.    Tumbuh besar

4.    Membutuhkan makanan

b. Menentukan nilai tempat suatu bilangan pada suatu permainan dadu. Jawaban sangat beragam.

Banyaknya contoh 5 soal.

Skor setiap soal 20.

Nilai = banyak jawaban benar X 20

 

3.          Penilaian Keterampilan : Keterampilan

a. Penilaian Menebalkan Gambar Simbol Sila Keempat Pancasila

 

Rubrik Menyusun Gambar Simbol Sila Keempat Pancasila


 

 

 

 


Remedial

·      Guru memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang belum lancar membaca dan berhitung bilangan puluhan dan satuan menggunakan dadu..

·      Mengganti kegiatan membaca dengan berbicara/menulis jika siswa kesulitan.

·      Menentukan nilai tempat bilangan dengan menggunakan benda konkret (dadu puluhan dan satuan).

 

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)

·      Pengelompokan benda hidup dan tak hidup melalui pengamatan langsung terhadap

·      benda di sekitar. Minta siswa menuliskan dan menentukan pengelompokan.

·      Berlatih berhitung maju dan mundur bisa dilakukan langsung oleh siswa dengan menggunakan garis bilangan.

·      Berlatih menuliskan lambang dan nama bilangan 61-80 melalui kegiatan dikte.

·      Membandingkan berat tanpa menggunakan timbangan, tetapi langsung melihat postur tubuh temannya.

·      Kegiatan menentukan panjang pendek bunyi dengan tebak-tebakan lagu.

Refleksi Guru

Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu Guru selama pembelajaran?

Rounded Rectangle: Hal yang perlu menjadi perhatian saya adalah siswa yang mampu dan belum mampu belajar  untuk mencapai tujuan belajarnya.
 

 

 

 

                         


Siswa mana saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?

Rounded Rectangle: SiSiswa yang perlu mendapat perhatian khusus adalah siswa yang belum mampu membaca dan siswa yang lambat dalam memahami maksud pembelajaran ( lambat belajar).
 

 

 

 

                         


          Hal-hal apa saja menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu Guru lakukan?

Rounded Rectangle: Hal yang menjadi catatan keberhasilan siswa dalam belajar adalah jika siswa mampu menangkap maksud dari proses belajarnya. Siswa mampu mengekspresikan yang dia dapat dari proses belajarnya dengan cara yang diminatinya.
 

 

 

 

 


          Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu Guru lakukan menjadi lebih efektif?

Rounded Rectangle: HHal yang perlu  saya tingkatkan agar pembelajaran menjadi lebih efektif adalah lebih mengenali minat, profil dan kebutuhan belajar siswa serta memfasilitasi belajar siswa dengan lebih variatif..
 

 

 

 

 

 


Refleksi Guru

Pembelajaran hari ini alhamdulillah berhasil, siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik, bahkan ada beberapa siswa yang melampaui batas belajar sehingga perlu saya berikan pengayaan. Namun ada satu siswa yang belum bisa membaca dan 3 siswa yang agak lambat menangkap pelajaran. 3 siswa ini perlu saya berikan remidi dengan memberikan waktu khusus 15 menit untuk belajar membaca dan berhitung.

 

                                                                                                                         Sukorejo, 07  April 2022

Kepala Sekolah,

             SDN Wonokerto                                                                             Guru Kelas I,

 

 

 

PUJIONO YUSWANTO, S.Pd                                                ELMIYA SARI, S.Pd

NIP.196508061986061002


Lampiran

 

Kamu sudah mengetahui bahwa gambar lambang negara di dinding kelas termasuk benda tak hidup.

Kamu juga sudah mengetahui simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila.

Sambungkan garis putus-putus berikut agar membentuk simbol sila ke-4. Diferensisi Proses.

Warnailah gambar tersebut sesuai dengan simbol sila ke-4.


 

 

 

 

 

Kemudian tuliskan bunyi sila ke-4 di bawah gambar symbol sila ke 4 yang telah kamu gambar

 

Apakah kamu masih ingat ciri-ciri benda hidup? Coba perhatikan gambar di bawah.

Isilah titik-titik di bawah ini menggunakan kata yang tersedia. Diferensiasi Konten.


 

 

 

 

 



 

 

Aku tahu kuda disebut benda hidup karena ....


 

 


                          Aku tahu burung disebut benda hidup karena ....

 

 

 


 

 


                                             Aku tahu kucing disebut benda hidup karena....

 



 

 


                    Aku tahu ulat disebut benda hidup karena...

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup.

Boneka, mobil-mobilan, dan kartu adalah benda tak hidup.

Dadu pun termasuk benda tak hidup.

Mari, mencoba membuat dadu.

Kegiatan membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan.


Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut. Diferensiasi Produk.

Kemudian rekatkan dengan lem sehingga membentuk dadu.

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah membuat dadu, lakukan kegiatan berikut.

1.    Buatlah kelompok dengan anggota 4-5 orang.

2.    Siapkan dua buah dadu bilangan puluhan dan satuan.

3.    Tentukan pemain pertama yang akan menggulirkan dadu.

4.    Lemparlah kedua dadu secara bersamaan.

5.      Tuliskan banyaknya bilangan satuan dan puluhan sesuai kolom yang tersedia.

 

 

Tuliskan nama dan bilangan pada tabel-tabel berikut.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


A. Penilaian Sikap

 

Kompetensi Dasar

Butir Nilai Sikap

Teknik Penilaian

3.2  Menjelaskan bilangan sampai 

dua angka dan nilai tempat penyusun 

 lambang bilangan menggunakan 

kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

Disiplin.

Observasi.

4.2 Menuliskan lambang bilangan 

 sampai dua  angka yang menyatakan banyak

 anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.

 

 

 

PENILAIAN SIKAP

Lembar observasi pengamatan sikap disiplin peserta didik saat melakukan diskusi

NO

Kriteria

Skor

1

Siswa berbaris dengan rapi  dan

 berdoa dengan khusus.

1

2

Aktif menjawab dan memberi masukan 

di dalam kelompok dan menunjukkan sikap 

menghargai saat bekerja kelompok ( Tidak

 bertengkar dengan temannya).

1

3

Mengerjakantugas dengan benar sesuai arahan guru.

1

4

Menyelesaikan dan mengumpulkan tugas tepat waktu.

1

 

Aspek Sikap disimpulkan dengan menggunakan kriteria

Skor pada Instrumen

Modus

Predikat

1

1,00

Kurang Disiplin (K)

2

2,00

Cukup Disiplin (C)

3

3,00

Disiplin (B)

4

4,00

Sangat disiplin (SB)

 

 

LAMPIRAN 5

PENILAIAN

a.   Penilaian sikap

1.      Spiritual

No

Nama Peserta Didik

Sikap

Jumlah Skor

Nilai

Beriman Kepada Tuhan

Rasa Syukur

4

3

2

1

4

3

2

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Sikap Sosial

No

Nama Peserta Didik

Sikap

Jumlah Skor

Nilai

Percaya Diri

Teliti

Tanggung Jawab

Kerjasama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Penilaian Pengetahuan

Muatan

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Level Kognitif

No Soal

Bentuk Soal

Bobot Soal

Bahasa Indonesia

3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

Benda Hidup dan Tak Hidup

3.6.1 Siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang ciri-ciri benda hidup dengan tepat .

 

Mengkatagorikan(C2)

1-4

 

 

 

 

Uraian

 

 

 

2,5

 

 

 

 

Matematika

3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

.

Nilai puluhan dan Satuan

3.2.1 Siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri dari dua angka dengan bantuan benda konkret dengan benar.

 

Menentukan (C3)

1-4

 

 

Uraian

 

 

2,5

 

 

 

 

 

 

 

PPKn

.3.1Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

 

Simbol dan Bunyi Sila Pancasila

3.1.1    Siswa dapat menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

 

Menulis (C1)

2

 

 

Uraian

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

Panduan Konservasi Nilai

Konservasi Nilai

(Skala 0-100)

Predikat

Klasifikasi

81-100

A

SB (Sangat Baik)

66-80

B

B (Baik)

51-65

C

C (Cukup)

0-50

D

D (Kurang)

 

No.

Nama

B.Ind

(1,2)

IPS

(3,4)

IPA

 (5,6)

Jumlah Skor

Nilai Rata-rata

Skor

Nilai

Skor

Nilai

Skor

Nilai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c.    Keterampilan

1.      Menggambar simbol sila ke 4

No

Nama Peserta Didik

Cakap

Berkembang

Awal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Menghitung

No

Nama Peserta Didik

Cakap

Berkembang

Awal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Menceritakan ciri-ciri Maakhluk Hidup

No

Nama Peserta Didik

Cakap

Berkembang

Awal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                               

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 


 

FOTO KEGIATAN BELAJAR



                                                Foto kegiatan sebelum masuk kelas  



                                                Berdo’a sebelum belajar


TEPUK PPK

                

                                                       MENDEKLAMASIKAN  PANCASIL

   

  


Berhitung sambil bermain dadu

                  

                                                       Berhitung nilai tempat berkelompok

 

Pendampingan 

                
Menulis dan bercerita Ciri makhluk Makhluk Hidup

                            
 Menggambar lambang & sila Pancasila

             

               PORTOFOLIO BAHASA INDONESIA (BENDA HIDUP)


            

 

                                                 PORTOFOLIO MATEMATIKA     



        




 

 

Komentar

  1. Ini nih yang namanya blog sebagai media pembeljaran

    Siip siip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah bu sekjen bisa aja. Sebatas kemampuan saja bunda, tapi ingin berbagi.🙏😊

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

"PROOFREADING PENEPIS MALU SEBELUM MENERBITKAN TULISAN”

LOMBA BLOG SATU GURU, JURUS JITU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR