MENJADI PENGGERAK di PPMB






 

MENJADI  PENGGERAK di PPMB

Oleh: Elmiya Sari

 

Apa sebenarnya PPMB?

PPMB kepanjangan dari Pendidikan Penggerak Merdeka Belajar yang difasilitasi oleh komunitas guru belajar nasional (KGBN). Komunitas guru belajar nusantara adalah komunitas pendidik untuk berdiskusi dan berbagi praktik cerdas pengajaran dan pendidikan.  KGBN berdiri sebagai wadah menampung keresahan guru dan memfasilitasi guru untuk terlibat aktif dalam perubahan pendidikan.

Jika dilihat dari visi dan misinya PPMB dapat dikategorikan sama dengan pendidikan guru penggerak yaitu sama-sama membentuk agen pemimpin perubahan dan menjadikan guru-guru sebagai guru merdeka belajar. Yang menjadi pembedanya adalah jika pendidikan guru penggerak dibiayai oleh pemerintah melalui berbagai tes oleh kemendikbudristek, PMM ditempuh melalui biaya sendiri dan melaksanakan pendidikannya di kampus pemimpin merdeka.

Bersyukur sekali saya mendapatkan beasiswa PPMB dari KGBN. Walaupun saya saat itu juga dalam proses mengikuti pendidikan guru penggerak. Bagi saya ilmu itu ibarat tetesan air laut, jika diminum akan terasa haus, ingin lagi…dan lagi.

Ketika menempuh pendidikan PPMB wajib menyelesaikan dua modul yaitu guru merdeka belajar dan modul pengantar PPMB. Tahapan pendidikan  PPMB dibagi dua yakninya PPMB level 0 dan PPMB level 1.

Di tahap level 0 mahasiswa harus menyelesaikan 5 modul sebagai bekal untuk melakukan praktik gerak level 0. Dimana kelima modul tersebut dilakukan secara asinkronus di platform sekolahmu. Di praktik gerak level 0 ini tugas kita sebagai mahasiswa PPMB adalah menyebarkan praktik baik mengajar kepada rekan guru. Dengan harapan semakin banyak guru, kepala sekolah dan pengawas mengetahui tentang merdeka belajar untuk kemudian menyebarkannya.

Pada tahap level 1 tugas mahasiswa PPMB bukan hanya menyebarkan praktik baik  diri, tetapi lebih meningkat menjadi fasilitator. Dimana seorang mahasiswa menjaci penggerak merdeka belajar, tentunya harus menyelesaikan beberapa modul yang luar biasa sebagai bekal untuk melakukan praktik geraknya. Modul-modul tersebut dapat membantu mahasiswa PPMB menjadi seorang fasilitator merdeka belajar.

Ketika sudah melaksanakan praktik gerak level 0  dan level 1 merupakan hal yang membahagiakan, karena disinilah aksi nyata yang sesungguhnya. Yang saya rasakan ketika menjadi mahasiswa PPMB sangat bermakna, karena disana saya dapat menyebarkan ilmu yang telah saya dapat dan saya praktikkan di kelas. Saya juga dapat membantu memfasilitasi penggerak merdeka belajar lainnya untuk lebih berdampak.

Sungguh luar biasa jika hal ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Terutama kepala sekolah dan pengawas sekolah, karena merekalah yang memfasilitasi para penggerak untuk mengepakkan sayapnya untuk terbang lebih tinggi.

Refleksi yang saya dapatkan ketika menempuh pendidikan PPMB adalah modul percakapan yang menggerakkan sangat membantu saya saat melakukan coaching untuk mencari dan memfasilitasi penggerak merdeka belajar berdampak. Pendidikan PPMB dapat menjadikan guru menjadi guru merdeka belajar, pemimpin merdeka belajar  yang bijaksana, empati dan tangguh.

 

Salam merdeka belajar

Penggerak kebaikancgp4





 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR MURID BERDASARKAN MINAT, KESIAPAN BELAJAR DAN PROFIL BELAJAR

"PROOFREADING PENEPIS MALU SEBELUM MENERBITKAN TULISAN”

TINGKATKAN JIWA KEBANGSAAN GENERASI MUDA PADA PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN PASURUAN KE 1093