BERBAGI STRATEGI PEMBELAJARAN BERLIAN DI TEMU PENDIDIK DAERAH KE 1" MERANCANG RPP MERDEKA BELAJAR"

 

CARA MERANCANG RPP MERDEKA BELAJAR

“Cara Merancang RPP Merdeka Belajar”, Judul tulisan ini adalah sebuah pengetahuan baru yang sangat bermanfaat bagi diri saya dalam menjalankan tugas dan peran saya sebagai guru. Harapan saya tulisan ini nantinya juga bermanfaat bagi rekan sejawat guru lainnya di seluruh Indonesia. Perkenalkan saya Elmiya Sari, S.Pd  guru kelas  I (satu) sekolah dasar pada UPT Satuan Pendidikan SDN Wonokerto.

Saat ini Indonesia telah menerapkan kurikulum baru yakni kurikulum Merdeka belajar sebagai solusi untuk mengatasi learning los yang terjadi di Indonesia. Hal ini adalah gebrakan pendidikan yang luar biasa dimana guru dimerdekaan dalam mengajar.Karena guru yang merdeka akan bebas menentukan cara yang akan dipilih untuk berinovasi  memberikan pengajaran laksana sang insinyur yang merancang bangunannya. Guru yang merdeka akan mandiri mencari cara  dengan perubahan yang terjadi. Guru yang merdeka akan kuat mengatasi halangan dengan belajar dari berbagai sumber untuk mengatasi tantangan mengajarnya.

Namun seperti yang kita ketahui bersama, masih banyak rekan guru yang masih belum bisa move on dari kurikulum K13. Mereka telah terbiasa disuguhkan perngakat dan silabus dari pemerintah dan guru yang melaksanakannya. Perubahan ini menjadi suatu kebingungan tersendiri bagi guru, khususnya bagaimana cara merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sekarang bermetamorfosis menjadi Modul ajar Merdeka Belajar. 

Puji syukur kepada Allah SWT karena saya diberi kesempatan belajar di platform sekolah.mu pada saat mendapatkan belajar gratis di acara Temu Pendidik Nusantara9. Pada salah satu modulnya terdapat modul yang luar biasa yang berjudul “ Merancang RPP Merdea Belajar”. Kenapa  modul ini saya katakan luar biasa? Karena modul ini mampu menjawab keresahan kita sebagai guru. Modul ini membantu saya membuat  strategi mengajar pada inovasi BERLIAN ( Berdiferensiasi With Literasi and Numerasi) yang telah saya terapkan di sekolah.

Saya pelajari modul ini dengan sungguh-sungguh, satu per satu. Adapun isi dari modul ini yaitu mempelajari tentang tujuan penggunaan strategi pembelajaran merdeka belajar, prisip desain merdeka belajar, elemen RPP Merdeka Belajar, Identifikasi profil murid, menentukan tujuan belajar, memilih strategi yang sesuai dengan profil murid dan tujuan belajar, memilih strategi pembelajaran yang mempersiapkan murid mencapai tujuan belajar, menentukan cakupan belajar, membuat rancangan RPP menggunakan panduan kanvas RPP Merdeka Belajar. 

Sebelum berbicara lebih lanjut, seringkali terjadi miskonsepsi tentang esensi RPP. Sebenarnya terdapat perbedaan antara RPP merdeka belajar dan RPP yang belum merdeka belajar. Diantaranya RPP merdeka belajar dibuat guru tanpa ada rasa beban sedangkan RPP yang belum merdeka RPP dirasa guru sebagai beban administrasi. RPP merdeka dibuat guru berdasarkan karakteristik, profil dan kebutuhan belajar murid sedang RPP yang belum merdeka adalah RPP hasil pencarian dari internet yang belum tentu sesuai dengan keadaan murid. Pada RPP merdeka tujuan belajar dibuat berdasarkan kompetensi murid sehingga terdapat rancangan diferensiasi di dalamnya sedangkan RPP yang belum merdeka rancangan proses belajar disamaratakan tanpa melihat keberagaman  kompetensi murid. Untuk itu guru perlu melakukan anlisis untuk menyesuaikan kegiatan belajar yang tepat dan sesuai dengan kondisi murid.Analisis murid dapat dilakukan guru melalui komunikasi langsung, pengamatan, bertanya pada guru kelas sebelumnya atau melihat rapor belajarnya.

Sebenarnya apa tujuan dan strategi belajar merdeka? Tujuan dan strategi merdeka belajar adalah RPP disusun sebagai pedoman yang memudahkan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran, Untuk merancang strategi pembelajaran yang tepat diperlukan alur berfikir yang sistematis dalam merancang strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran yang tepat akan menentukan proses dan hasil belajar murid. Untuk itu diperlukan sebuah alat bantu berfikir yang membutuhkan keterkaitan elemen-elemen pembelajaran. Yang nantinya akan memudahkan guru untuk memvisualisasikan proses berfikir sehingga  lebih mudah untuk dimodivikasi, diperbaiki dan dikembangkan. Alat ini disebut sebagai kanvas RPP Merdeka Belajar.

Kanvas RPP Merdeka Belajar bertujuan untuk menyusun silabus (ATP) yaitu rangkaian tahapan pengajaran dalam satu triwulan/semester. Selanjutnya kanvas RPP merdeka belajar juga bertujuan untuk menyusun RPP yang diperuntukkan untuk satu atau lebih pertemuan. Didalam kanvas RPP merdeka belajar berisi beberapa elemen yaitu profil murid, tujuan pengajaran, bukti dan asesmen, strategi pengajaran, dan cakupan materi.

Sebelum membuat kanvas RPP seperti yang saya tuliskan diatas mari kita bicarakan dulu tentang kunci dari merdeka belajar. Yap, kunci dari merdeka belajar adalah ketika design strategi pengajaran  bermula dari kemerdekaan belajar pada guru menjadi kemerdekaan belajar pada murid. Guru merdeka belajar adalah kunci awal untuk menggunakan kanvas RPP merdeka belajar. Karena tanpa kemerdekaan belajar hanya akan melahirkan duplikasi design tanpa memahami konteksnya.

Lantas cara apa yang dilakukan agar tujuan dan prinsip strategi merdeka belajar tercapai? 

Yang pertama adalah Memanusiakan Hubungan, artinya praktik pembelajaran hendaknya dilandasi orientasi pada anak berdasarkan relasi positif yang saling memahami antara guru, murid dan orang tua. Murid yang akan mengalami proses belajar sehingga design belajar apapun harus dipastikan kesesuaiannya dengan profil murid.

Kedua Memahami Konsep, Praktik pembelajaran yang memandu murid bukan hanya menguasai konten tapi menguasai pemahaman mendalam terhadap konsep yang dapat diterapkan di beragam konteks. Konsep tersebut adalah cita, cara, cakupan. Cita adalah tujuan belajar yang mau dicapai beserta bukti dan cara asesmennya. Cara adalah rangkaian strategi dan kegiatan belajar yang dilakukan guru dan cakupan belajar adalah konten/isi yang dipelajari murid sebagai konteks menguasai cita (tujuan belajar). 

Ketiga Membangun Keberlanjutan, praktik pembelajaran yang memandu murid mengalami rute pengalaman belajar yang terarah dan berkelanjutan melalui umpan balik dan berbagi praktik baik. Jika kita hubungkan dalam RPP, maka desaign strategi RPP memiliki proses iterasi yaitu proses yang terjadi berulang hingga menemukan desaign belajar yang komprehensif.

Keempat Memilih Tantangan , praktik pembelajaran yang memandu murid menguasai keahlian melalui proses yang berjenjang dengan pilihan tantangan yang bermakna. Artinya design belajar hendaknya menetapkan tujuan dan aktivitas belajar yang menantang bagi murid. Tidak terlalu sulit atau terlalu mudah. Sedikit diatas kemampuan awal murid untuk membantu murid melakukan penguasaan kompetensi.

Kelima Memberdayakan Konteks, praktik pembelajaran yang memandu murid melibatkan sumber daya dan kesempatan dikomunitas sebagai sumber belajar sekaligus kesempatan berkontribusi terhadap perubahan. Ketika mendesign strategi pembelajaran perlu memperhatikan potensi dan sumber belajar yang ada di sekitar sekolah. Penggunaan potensi dan sumber belajar tersebut akan memperkaya proses belajar murid sekaligus membuat pembelajaran menjadi bermakna.

Berikut adalah Kanvas Strategi Pembelajaran Merdeka Belajar sebagai panduan dalam menyusun RPP Merdeka belajar.



Kanvas strategi pembelajaran merdeka belajar ini telah membantu dalam menyusun RPP merdeka belajar. Ilmu yang sangat bermanfaat ini juga telah saya tularkan melalui komunitas KKG di gugus depan tempat saya mengajar. Alhamdulillah dari kegiatan ini saya dan rekan-rekan pendidik merasa terbantu. Modul-modul berikutnya yang saya pelajari adalah antrean ilmu untuk saya bagikan di komunitas KKG selanjutnya.

Kesimpulannya dalam menyusun RPP merdeka tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kuncinya adalah guru merdeka yakni guru yang memiliki kemerdekaan belajar kemudian menjadi kemerdekaan belajar pada murid. Langkah menyusun RPP merdeka belajar guru terlebih dahulu  mengidentifikasi profil murid, menentukan tujuan belajar, memilih strategi yang sesuai dengan profil murid dan tujuan belajar, memilih strategi pembelajaran yang mempersiapkan murid mencapai tujuan belajar, menentukan cakupan belajar, membuat rancangan RPP menggunakan panduan kanvas RPP Merdeka Belajar. Dan terbukti kanvas strategi pembelajaran sangat membantu saya dalam menyusun RPP Merdeka.

Berikut link materinya, semoga bermanfaat

 https://docs.google.com/presentation/d/1w-oEU8fVNbKQlZ68rTnTko0JzxI2XAsy/edit?usp=sharing&ouid=109446673845730633298&rtpof=true&sd=true

DOKUMENTASI KEGIATAN















 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

"PROOFREADING PENEPIS MALU SEBELUM MENERBITKAN TULISAN”

LOMBA BLOG SATU GURU, JURUS JITU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR MURID BERDASARKAN MINAT, KESIAPAN BELAJAR DAN PROFIL BELAJAR